HEADLINE

PKBI Cabang Lambar Kerja Sama Dengan Dinas Periwisata

Lampung Barat, Perkumpulan Keluarga Berancana Lambar mengadakan audisi Pemilihan Duta Kesehatan Reproduksi Remaja Kabupaten Lampung Barat pada Minggu (2 Mei 2013) di Aula Pemkab Lambar ajang audisi yang akan diikuti oleh 15 pasang pemilihan muli mekhanai Kabupaten Lampung Barat tersebut akan memilih satu orang muli dan satu orang mekhanai sebagai duta kesehatan reproduksi remaja Kab Lambar kata Sekretaris (PKBI) Cabang Lambar mendampingi ketua (PKBI) Cabang Lambar Dra. HJ. Helwiyati Komala Dewi .

Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan berupa ceramah dan diskusi tentang kesehatan reproduksi dan seksual yang akan disampaikan oleh pengurus PKBI Cabang Lambar, sebagai mana tes tertulis dan wawancara kepada peserta pemilihan muli makhanai. Pengumuman dan penyerahan piagam serta medali kepada duta yang akan diserahkan pada saat acara grand final pemilihan mulli mekhanai Kab Lambar tahun 2013 Senin 3 Juni 2013 pukul 19.30 wib di GSG Kab Lambar

Lebih lanjut menurut Sandarsyah, kalau berbicara masalah kesehatan reproduksi remaja tidak hanya membahas masalah kesehatan reproduksi beserta hak-haknya, tetapi juga menyangkut NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainya). HIV-AIDS dan penyakit menular remaja (PMS) serta permasalahan –permasalahan remaja lainya. 

Ada data yang menghawatirkan kita bahwa, penguna narkoba di Indonesia tahun 2013 diperkirakan meningkat hingga 2,3% dan lebih mencemaskan kita bahwa pengguna narkoba usia 10-20 tahun meningkat hingga 2,5%. Hal ini jika dibiarkan akan bertambah parah dan semakin menghawatirkan karna sebanyak 250 zat disinyalir mengandung narkoba jenis baru masuk ke Indonesia. Juga berdasarkan survei bahwa penyalah gunaan narkoba di Indonesia telah mencapai 3,8 juta orang. Dan jika pencegahanya tidak berjalan efektif maka penyalah gunaan narkoba pada tahun 2013 ini akan mencapai 4,58 juta orang. Kalau kita merujuk apa yang diungkapkan oleh deputi bidang hukum dan kerjasama badan narkotika nasional (BNN) Bali Moniaga menyatakan bahwa prevalensi pengguna narkoba 2,2% atau 3,7 juta -4,7 juta jiwa dari total penduduk Indonesia .

Untuk Provinsi Lampung secara nasional pada tahun 2012 menempati  peringkat ke-10 dalam hal penyalah gunaan narkoba, yaitu mencapai 129.500 orang . Berdasarkan hasil penelitian AUSTRALIAN NATIONAL UNIVERSITI DAN UNIPERSITAS INDONESIA tahun 2010 pada remaja dijakarta dan sekitarnya menunjuk bahwa lebih dari 20% remaja pernah berhubungan seks 27% pengunaan narkoba adalah remaja dan kasus HIV/AIDS 40% adalah remaja .

Semua berharap dengan terpilihnya Duta Kesehatan Reproduksi Kabupaten Lampung Barat dapat mengampanyekan akan pentingnya kesehatan reproduksi bagi remaja. Dengan adanya Duta Kespro diharapkan mereka dapat menginformasikan kepada remaja lain, pungkas sandarsyah kepada kami (irw)

Tidak ada komentar