HEADLINE

Pabrik Es Balok KUAT Belum Beroperasi


Pesisir Barat-Pabrik es balok milik pemerintah melalui Dinas Perikanan Dan Kelautan (DKP) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) yang ada di Kawasan Usaha Agrobisnis Terpadu (KUAT) Pekon Marang Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat (KPB) hingga kini belum juga dapat dioperasikan, meskipun pembangunannya yang dikerjakan sejak 2011 lalu itu telah selesai dikerjakan.

Demikian dijelaskan salah seorang warga di pekon tersebut, Siyanto, ketika dikonfirmasi wartawan koran ini, Rabu (5/6), bahwa kini banyak masyarakat menilai pembangunan pabrik es balok yang difungsikan untuk memasok kebutuhan es bagi para nelayan untuk mengawetkan hasil tangkapannya adalah pembangunan yang tidak tepat sasaran bahkan suatu pembangunan yang terkesan mubadzir. "Itu sudah selesai dibangun, tapi kenapa sampai sekarang pabrik es balok tersebut tidak juga dioperasikan. Padahal selesainya pembangunan pabrik tersebut sudah hampir satu tahun," terangnya.

Pembangunan pabrik es balok tersebut adalah pembangunan yang didanai dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang memakan dana cukup besar yaitu mencapai 1,7 Milyar. Artinya, jika hasil pembangunan tersebut hanya dibiarkan saja, tanpa dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya dan maksud dibangunnya pabrik es balok tersebut. "Pembangunan yang memakan dana hingga milyaran rupiah itu, akan sangat percuma jika tidak dimanfaatkan," jelasnya.

Siyanto menjelaskan, tujuan awal dibangunnya pabrik es balok tersebut yaitu untuk memasok kebutuhan es sebagai pengawet hasil tangkapan nelayan-nelayan yang ada di Pesisir Barat. "Lebih baik tidak usah dibangun jika tidak dimanfaatkan, hanya membuang uang negara saja," pungkasnya. (nov)

Tidak ada komentar