HEADLINE

Jalan Yang Baru Diperbaiki Kembali Rusak

Pesisir Barat - Masyarakat Pekon Lintik Kecamatan Krui Selatan Kabupaten Pesisir Barat (KPB) kembali mengeluh dengan fakta kondisi jalan di pekon itu. Pasalnya kekhawatiran terkait kualitas perbaikan jalan yang dilakukan belum lama ini ternyata benar-benar terbukti tidak maksimal, akibatnya kini sepanjang jalan di pekon yang beberapa waktu lalu kini sudah kembali bergelombang dan diperkirakan tinggal menunggu waktu untuk kembali rusak parah.

Demikian dijelaskan salah seorang warga setempat, Nasirwan, ketika dikonfirmasi wartawan koran ini, Senin (17/6), bahwa kini masyarakat di pekon itu kembali mengeluh dengan hasil perbaikan jalan beberapa waktu lalu yang hanya mampu bertahan dalam hitungan minggu. Akibatnya kini kondisi jalan sudah kembali bergelombang dan retak, bahkan diperkirakan dalam hitungan jam kondisinya akan hancur total. "Wajar jika jalan itu rusak lagi, karena memang saat pengerjaannya beberapa minggu lalu dikerjakan dengan asal-asalan," terang Nasirwan.

Menurut dia, penyebabnya tidak lain adalah saat penimbunan awal hanya dipadatkan oleh alat berat yang sangat kecil, sehingga berdampak pada timbunan tersebut tidak terlalu padat. Akhirnya, timbunan awal yang tidak terlalu padat langsung ditimpa dengan tahap pengaspalan. Dampaknya yaitu ketika kendaraan besar melintas membuat jalan yang sudah diperbaiki itu langsung bergelombang dan terancam rusak parah kembali. "Buktinya ketika fuso-fuso yang membawa beban berat melintas dijalan itu, aspalnya akan terlihat langsung bergelombang dan mulai retak. Dan itu jelas mengancam jalan akan rusak lagi," lanjutnya.

Masih kata Nasirwan, terkait hal tersebut merupakan tanggung jawab pihak rekanan yang mengerjakan, selain itu dinas terkait yaitu melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) setempat harus memberi perintah tegas kepada pihak rekanan untuk segera melakukan perbaikan ulang sesuai batas waktu yang ditentukan. "Dan jika tidak, maka dinas harus mengambil langkah tegas dan memberi sanksi terhadap pihak rekanan tersebut," tandas Nasirwan. (nov)

Tidak ada komentar