HEADLINE

Sungai Bisa Dijadikan Pembangkit


Pesisir Barat - Dengan kerap terjadinya pemadaman listrik di wilayah Kabupaten Pesisir Barat (KPB) dan kurangnya pasokan tegangan listrik yang membuat banyak masyarakat mengeluh, menanggapi hal tersebut banyak pihak yang menilai bahwa wilayah KPB yang kondisinya banyak sungai-sungai besar yang bisa saja dijadikan pembangkit listrik yang bertegangan besar dengan kekuatan bisa untuk mengaliri aliran listrik se-KPB.

Demikian dijelaskan Ali Mukhsin, ketika dikonfirmasi wartawan koran ini, Minggu (5/5), salah satu pembuktian bahwa wilayah KPB kaya akan potensi terlihat dari banyaknya sungai-sungai besar yang diwilayah lain dijadikan sebagai pembangkit listrik. Dengan demikian wilayah KPB yang hingga kini terbilang krisis listrik sangat memungkinkan untuk dirubah sebagai wilayah yang listriknya tidak dikeluhkan masyarakat yaitu dibangunnya Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).  "Bisa saja dengan dipilihnya satu sungai besar yang memungkinkan untuk dijadikan pembangkit listrik, seperti contohnya Sungai Waylaai atau Waytenumbang. Sehingga diwilayah tidak lagi mengalami kekurangan pasokan tegangan listrik yang mengakibatkan cahaya lampu jadi redup dan sering dilakukan pemadaman," ungkap Ali.

Namun demikian, Ali mengakui, untuk dapat terbangunnya PLTA diwilayah KPB bukan perkara mudah. Kendala utamanya yang bisa dipastikan yaitu  siap atau tidaknya pemerintah menganggarkan dana pembangunannya karena untuk dibangunnya PLTA yang kekuatan tegangannya menyuplai masyarakat se-KPB tentu membutuhkan rupiah dalam jumlah besar. "Misalnya ketika itu sudah menjadi keinginan masyarakat dan masyarakatnya sepakat untuk mengajukan hal tersebut ke pemerintah untuk dapat diwujudkan, maka pemerintah belum bisa dipastikan siap atau tidak, karena juga bisa dipastikan itu memakan dana yang tidak sedikit," imbuh Ali.

Maka dalam hal itu, menurut Ali, adalah waktunya para wakil rakyat untuk bekerja dan berjuang mewujudkan keinginan masyarakat, karena salah satu tujuan adanya wakil rakyat yaitu sebagai sosok yang bisa menyuarakan keinginan masyarakat di tingkat pemerintahan.

Ali yakin jika masyarakat sangat mendukung jika dari sungai-sungai besar yang ada, salah satunya dijadikan sebagai pembangkit listrik berkapasitas besar. Dengan demikian Ali berharap pemerintah juga dapat mendukungnya ketika hal itu menjadi keinginan masyarakat. "Saya menghimbau agar demi kemajuan kabupaten kita, mari lah kita berjuang bersama. Karena bagaimanapun juga KPB masih butuh perjuangan besar untuk menuju kemajuan itu," tandasnya. (nov)

Tidak ada komentar