HEADLINE

UPK PNPM-MP Gelar Pelatihan TPK


Warta Lambar - Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menggelar pelatihan pelaku pembangunan yang bersumber dari dana PNPM-MP di masing-masing pekon yaitu Tim Pelaksana Kegiatan  (TPK) di kantor UPK PNPM-MP setempat.

Ketua UPK PNPM-MP Pesisir Selatan, M. Taufik, ketika dikonfirmasi wartawan koran ini, Selasa (16/4), dalam acara tersebut bertujuan agar pelaku pembangunan yaitu TPK ketika merealisasikan pembangunan sesuai dengan yang ada didalam Rancangan Anggaran Belanja (RAB), sehingga pembangunan yang dilakukan hasil akhirnya maksimal dan kualitas serta kuantitasnya terjamin.

Menurut Taufik, berkaca dengan pengalaman ditahun 2012 yang pembangunannya mengalami kendala karena cuaca yang tidak bersahabat yaitu musim penghujan, sehingga berdampak pada berkurangnya kualitas serta tidak maksimalnya hasil pembangunan. Seperti pembangunan jalan rabat beton dan saluran drainase. "Mengatasi permasalah yang menjadi kendala besar yaitu musim penghujan. Maka kami bersepakat agar realisasi pembangunan dilakukan sebelum musim penghujan, agar hasil dari pembangunan itu sendiri berkualitas sesuai dengan yang diharapkan dan sesuai dalam RAB," lanjut Taufik.

Untuk ditahun 2013, menurut Taufik, pembangunan yang diajukan TPK dari 15 pekon se-Kecamatan Pesisir Selatan adalah pembangunan gedung Taman Pengajian Anak (TPA), Taman Kanak-Kanak (TK), pengerasan jalan yaitu dengan cara rabat beton dan onderlagh, dan pembukaan badan jalan. Sementara untuk kecamatan tersebut anggaran yang disediakan pemerintah, masih tetap sama dengan tahun sebelumnya yaitu senilai Rp3 Miliar. Untuk itu pihaknya berharap, dana yang sedemikian besarnya dapat dimanfaatkan masyarakat dengan sebaik mungkin, caranya yaitu dengan realisasi berjalannya pembangunan dilakukan dengan sesuai berdasarkan yang ada dalam RAB.

"Sejauh ini dimasing-masing TPK dari ke-15 pekon di kecamatan tersebut, dinilai masih bekerja dengan cukup baik, mudah-mudahan ditahun ini dengan digelarnya pelatihan TPK berdampak pada maksimalnya pembangunan yang akan dilakukan," pungkasnya. (nov)

Tidak ada komentar