HEADLINE

Sosialisasi Nelayan Digelar


Warta Lambar - Untuk menindak lanjuti Rapat Koordinasi (Rakor), Kamis (4/4) lalu, dalam rangka antisipasi agar tidak terulang kembalinya insiden pengusiran terhadap para tamu yang bersandar menggunakan perahu atau kapal di pelabuhan Kualastabas Krui Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Lampung Barat (Lambar), yang terjadi satu bulan lalu, Uspika kembali menggelar sosialisasi kepada para seluruh nelayan yang ada di Kecamatan Pesisir Tengah, yang dipusatkan di Kantor Syahbandar Krui Kuala Stabas, Senin, (8/4) sekitar pukul 13.00.

“Sosialisasi yang bertujuan untuk memberikan pembinaan agar para nelayan bisa memahami aturan-aturan yang ada terkait diwilayah hukum perairan pesisir ini,” ungkap Camat Pesisir Tengah, Edy Mukhtar,SP.

Sosialisasi yang dihadiri Kapolsek Pesisir tengah, AKP Hamzah, Ketua Komisi B DPRD Lambar, Dedi Ansori, Syahbandaran Pelabuhan Kuala Stabas, Ludi Lukiardi, Kasat Pol-air AKP. Ibrahim Yunus, Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Lambar, dan para gabungan dan organisasi nelayan. “Kita sengaja mengundang para nelayan diwilayah pesisir terutama sekitar pelabuhan Kuala Stabas sekitar 100 undangan yang selain dihadiri para nelayan, juga dihadiri para tokoh masyarakat dan perwakilan organisasi nelayan, agar para nelayan bisa mengerti pengetahuan mengenai peraturan dan apa saja yang dilakukan diperairan sekitar pelabuhan,” jelas Edy.

Sementara Kawilker Pelabuhan Kuala Stabas Krui, Ludi Lukardi, mengatakan bahwa sosialisasi ini bertujuan agar, masing-masing pihak yaitu aparat penegak hukum dalam bidang terkait, serta masyarakat nelayan tahu tentang aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Tidak terkecuali terkait Pelabuhan Kuala Stabas yang merupakan pelabuhan umum bukan pelabuhan khusus. “Artinya segala aktivitas baik itu pariwisata, bongkar muat perdagangan ikan, dan lain-lain bisa saja dilakukan dipelabuhan Kuala Stabas, Dengan demikian setelah digelarnya sosialisasi ini utamanya masyarakat nelayan setempat mengerti dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan dan tupoksinya,” ujar Ludi. (nov)

Tidak ada komentar