HEADLINE

Orang Tua Dihimbau Tidak Membiarkan Jalan Anak Sendirian


Lampung Barat - Terkait beberapa waktu lalu tertangkapnya pelaku tindak asusila terhadap anak dibawah umur. Membuat banyak pihak menghimbau agar orang tua tidak membiarkan anak-anaknya untuk berjalan sendiri ketika hendak kemana saja, itu bertujuan agar tidak kembali terulangnya hal serupa yang tentunya dapat menghancurkan masa depan anak-anak.

Demikian dijelaskan salah seorang tokoh masyarakat, S. Anwar, ketika dikonfirmasi wartawan koran ini, Rabu (24/4), bahwa kini keamanan dan kenyamanan anak-anak tidak bisa dijamin lagi, terlebih ketika anak-anak pergi keluar rumah hanya sendirian tanpa ditemani orang yang lebih dewasa dari anak. Artinya, keberadaan anak dimanapun saja harus selalu mendapat pengawasan baik dari orang tua atau kakaknya yang sudah lebih dewasa. "Demi keamanan anak-anak dari ancaman orang-orang yang suka memanfaatkan waktu untuk melampiaskan nafsu bejatnya, akan lebih baik jika kita tidak bosan-bosannya memberikan pengawasan secara langsung atau jika mampu menggunakan jasa orang lain untuk menjaga anak," ujar Anwar.

Menurut Anwar, dua kejadian ditempat yang berbeda beberapa waktu lalu yaitu pencabulan terhadap anak dibawah umur yang pelaku perbuatan tersebut keduanya berhasil diamankan aparat kepolisian, cukup menjadi pelajaran terhadap para orang tua jika dengan membiarkan anak pergi keluar yang hendak bermain atau lainnya dengan sendirian, sama halnya semakin memberikan peluang besar terhadap orang-orang yang kerap kali memanfaatkan kesempatan untuk melakukan perbuatan bejat.

"Dengan demikian tidak terlalu berlebihan jika saya menghimbau para orang tua untuk dapat memberikan perhatian lebih terhadap anak perempuannya ketika keluar rumah yaitu dengan tidak membiarkannya keluar sendirian. Karena dengan demikian peluang anak untuk disakiti oleh orang lain tidak ada dan anak pun akan merasa lebih aman," lanjutnya.

Anwar menjelaskan, jika kejadian tindak asusila terhadap anak dibawah umur, besar kemungkinan berdampak pada hancurnya masa depan anak karena mengalami trauma hingga menyebabkan stres. Terlebih jika kejadian tersebut kembali terulang, maka akan semakin banyak generasi penerus yang hancur masa depannya. Maka dari itu, Anwar, menghimbau agar seluruh elemen masyarakat utamanya orang tua, sejak kini dapat lebih serius dalam mengawasi anaknya. Karena menurut Anwar, ketika anak mengalami perbuatan atau tindak asusila, hal itu merupakan bentuk pelajaran terhadap orang tua untuk tidak lalai membiarkan anak keluar sendiri. "Semua pihak berhak dan wajib untuk bersama-sama mengawasi anak-anak ketika dia berada diluar rumah bermain sendirian. Apa jadinya bangsa kita, jika generasi penerusnya sudah dirusak sejak dini. Maka dari itu marilah kita lebih ekstra lagi mengawasi anak kita demi cerahnya masa depan anak," tutup Anwar. (nov)

Tidak ada komentar