HEADLINE

Puskesmas Krui Himbau Ponpes Al-Falah Jaga Kebersihan

Terkait terus meningkatnya para santri di Pondok Pesantren Al-Falah Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) yang terkena penyakit Hepatitis A, membuat Unit Pengelola Teknis (UPT) Dinas Kesehatan (Diskes) Puskesmas Krui menghimbau agar pihak pengelola ponpes tersebut mulai membiasakan Pola Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS). Hal itu dikarenakan pihak Puskesmas Krui menilai PHBS di Ponpes Al-Falah jauh dari yang seharusnya, itu juga dibuktikan dengan hampir setiap tahunnya terdapat beberapa santri yang terserang penyakit yang disebabkan kurangnya PHBS.

“Pola hidup yang sesuai harapan di Ponpes Al-Falah masih jauh dari maksimal. Bagaimana tidak, mulai dari kebersihan tidak terjaga dengan baik, tempat para santri buang air juga memprihatinkan hingga sulitnya memperoleh air bersih dan itu sangat rentan menimbulkan penyakit. Terkait santri yang terserang Hepatitis A, jika beberapa hari lalu sebanyak tujuh orang kini meningkat menjadi sembilan santri,” ujar Kapuskesmas Krui, Suswandi, S.KM., ketika dikonfirmasi wartawan koran ini, Selasa (19/3).

Menurut Suswandi, Ponpes Al-Falah adalah lokasi langganan bersarangnya penyakit yang disebabkan kurangnya kesadaran menjaga PHBS dengan baik, karena hampir dapat dipastikan setiap tahunnya santri-santri diponpes tersebut terserang penyakit menular.

Hampir setiap tahun juga pihak Puskesmas Krui memberikan pemahaman atau sosialisasi terhadap pengelola ponpes dan para santri tentang pentingnya meningkat PHBS dengan baik dan dampak dari tidak dijaganya PHBS. “Kita rutin setiap tahun memberikan sosialisasi kepada mereka tentang PHBS, namun dengan fakta setiap tahun juga para santrinya terserang penyakit membuat kami menilai sosialisasi dari kami tidak berbuah hasil yang sesuai harapan,” tandas Suswandi. (nov)

Tidak ada komentar