HEADLINE

Kapal Pusling Untuk Pulau Pisang

Masyarakat Kecamatan Pulau Pisang Kabupaten Lampung Barat (Lambar), kini dapat merasakan pelayanan kesehatan dengan maksimal. Itu dikarenakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Kesehatan (Diskes) Puskesmas Pulau Pisang beberapa waktu lalu telah menerima bantuan Kapal Puskesmas Keliling (Pusling) untuk wilayah kepulauan dari Kementrian Kesehatan RI dengan kapasitas tujuh penumpang.

Kepala Puskesmas, Alwin Iman, A.Md., ketika dikonfirmasi wartawan koran ini, Selasa (1/1), mengatakan kapal pusling tersebut berfungsi meningkatkan pelayanan kesehatan pihak puskesmas terhadap masyarakat di kecamatan itu. “Kapal itu gunanya adalah untuk memudahkan penyeberangan dari Pulau Pisang jika ada pasien yang harus dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Liwa, kapal itu juga dilengkapi dengan kamar yang dikhususkan untuk pasien,” ujar Alwin.

Sebelumnya, lanjut Alwin, jika ada masyarakat yang harus dirawat di RSUD Liwa penyeberangan yang dilakukan hanya menggunakan perahu milik masyarakat itu sendiri yang kapasitas dan luasnya jauh dibandingkan dengan kapal tersebut. Untuk itu dengan adanya kapal tersebut dapat membantu pihak Puskesmas dalam memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat. “Saat ini kapal itu masih berada di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di pelabuhan Kualastabas Kecamatan Pesisir Tengah dan secepatnya kapal itu akan standby di Pelabuhan Pulau Pisang,” lanjut Alwin.

Meski demikian, kini yang menjadi persoalannya adalah terkait anggaran biaya transportasi penyebrangan yang belum ada kejelasan. “Hingga kini kami belum tahu terkait anggaran biaya transportasi penyebrangannya, apakah telah dianggarakan oleh Diskes atau memang menjadi tanggungjawab pihak Puskesmas itu sendiri, harapan kami adalah biaya transportasi penyebrangannya telah dianggarkan pemerintah,” pungkas Alwin. (nov)

Tidak ada komentar