HEADLINE

Jalan Nasional Rusak Parah


Jalan penghubung Pekon Gunungkemala Timur-Menyancang Kecamatan Waykrui Kabupaten Lampung Barat (Lambar) yang berstatus jalan nasional kondisinya memprihatinkan dengan banyaknya lubang besar dan dalam. Itu dikarenakan kerap dilalui oleh kendaraan-kendaraan besar dengan kapasitas muatan yang berat, hal itu juga telah berlangsung lama namun hingga kini tidak kunjung diperbaiki oleh pemerintah yang dalam hal ini melalui dinas terkait.

“Jalan itu adalah jalan nasional yang seharusnya menjadi kewenangan Kementrian PU melalui DPU Provinsi Lampung, namun tidak masuk dalam satu paket dengan yang perbaikan dan pelebaran jalan yang beberapa waktu lalu dikerjakan,” terang Camat Drs. Nusirwan, Selasa (15/1).

Menurut Nusirwan, dirinya  juga tidak memahami dengan jelas alasan tidak masuknya jalan tersebut dengan perbaikan dan pelebaran jalan yang dikerjakan waktu lalu. Meski demikian pihaknya akan tetap berupaya dengan mengajukan usulan perbaikan ke DPU kabupaten. “Nanti setelah kita ajukan ke kabupaten, mereka meneruskan ke provinsi untuk selanjutnya ke pusat.”

Masih kata Nusirwan, dirinya membenarkan jika kondisi jalan sepanjang 2 Km itu memrihatinkan dan layak segera mendapatkan perbaikan, karena selain menjadi jalan nasional, jalan itu juga menjadi jalan yang digunakan para pelajar pergi kesekolah. “Jika it uterus dibiarkan maka kerusakan akan terus bertambah parah, dan bahkan bukan tidak mungkin kerusakan itu akan menyebabkan jalan tersebut putus total,” imbuh Nusirwan.

Nusirwan, menargetkan harapan untuk dapat segera diperbaikinya jalan tersebut dapat terwujud ditahun 2013, karena hampir setiap hari kerusakan terus bertambah parah dengan banyaknya kendaraan besar yang melintas dijalan tersebut sarat muatan sehingga memicu bertambah parahnya kerusakan. “Semoga kita dapat mewujudkan harapan untuk segera diperbaiki pada tahun ini, karena semakin hari jalan tersebut semakin sulit dan riskan saat dilalui terlebih kendaraan besar karena lubangnya sudah cukup dalam,” tandas Nusirwan. (nov)

Tidak ada komentar