HEADLINE

Distan Segera Kroscek Poktan Harapan Maju


Terkait Kelompok Tani (Poktan) Harapan Maju Pekon Tulungbamban Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Lampung Barat (Lambar) yang diduga melakukan penyimpangan dana bantuan Padat Karya dari Dinas Pertanian (Distan) Lambar, anggaran tahun 2012 sebesar Rp60 juta, secepatnya Distan akan turun langsung kelapangan guna kroscek kebenaran realisasi dan dugaan penyimpangan tersebut.

Kepala BP3K Kecamatan Pesisir Selatan, Dahroni, ketika dikonfirmasi wartawan koran ini, Selasa (29/1), bahwa pihaknya telah dilakukan konfirmasi dengan Poktan Harapan Maju, pihak BP4K tidak menemukan adanya keganjalan dan penyimpangan yang dilakukan Poktan tersebut. “Setelah mendapatkan informasi tersebut dari rekan-rekan media, kita langsung menanyakan dugaan itu ke ketua Poktan, dan Poktan hanya menjelaskan bahwa realisasi anggaran bantuan Padat karya telah sesuai dan untuk pembagian dana sebesar Rp450 ribu /anggota kelompok tersebut juga tidak benar. Yang ada adalah upah para pekerja yang merupakan anggota dalam kelompok tersebut, sehingga itu bukan uang bagi-bagi secara cuma-cuma saja melainkan uang upah pekerja,” jelas Dahroni

Terpisah Kepala Distan Lambar, Ir. H. Nopiardi Kuswan, menanggapi informasi mengenai dugaan penyimpangan dana bantuan padat karya tersebut yang direalisasikan untuk perehaban saluran irigasi dan pembuatan embung di areal persawahan yang ada di Pekon Tulungbamban tersebut, dan pihaknya akan melakukan kroscek. “Kepada rekan-rekan media kami dari dinas cukup berterimakasih atas informasi yang diberikan, untuk dugaan penyimpangan dana anggaran sebesar 60 juta tersebut, secepatnya tim akan turun dan kroscek langsung kelapangan. Untuk waktunya belum ditentukan kapan secepatnya dalam minggu ini juga untuk mengetahui kejelasan informasi tersebut,”  tandasnya singkat. (nov)

Tidak ada komentar