HEADLINE

Puskesmas Krui Pelatihan KKR


Puskesmas Krui Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Lampung Barat (Lambar), menggelar pelatihan Kader Kesehatan Remaja (KKR) diikuti siswa dari enam SMP dan SMA sederajad di Gedung Wanita.

Pelatihan yang dipimpin dr. Edwin H. Maas dan petugas UKS puskesmas setempat itu diikuti 100 peserta.

“Tujuan pelatihan KKR ini agar kita bisa memberikan wawasan kepada remaja, terutama yang masih duduk di bangku SMP dan SMA mengerti, bahwa datangnya berbagai penyakit itu timbulnya karena hal-hal sepele. Dengan demikian kita mengerti seperti apa saja hal-hal yang  sering tidak kita sadari datangnya penyakit ke tubuh kita dalam kegiatan sehari-hari,” kata dr. Edwin.

Materi yang disampaikan, seperti timbulnya penyakit di masyarakat karena hal-hal sepele karena tidak mencuci tangan dengan sabun atau tidak tutup mulut saat batuk. Seperti penyakit tidak menular (PTM) mulai meningkat di usia sekolah (usia remaja), contohnya darah tinggi dan kencing manis. Penyakit menular belum mengalami penurunan yang berarti, perilaku hidup bersih sehat (PHBS) belum diterapkan dimasyarakat.

Bentuk pelatihan yang diberikan berupa teori yang mencakup 21 materi, di antaranya anatomi (organ tubuh), kesehatan lingkungan, kosmetik, dan kesehatan reproduksi. Pelatihan selanjutnya dijelaskan dengan praktek seperti P3K, Pembinaan, Skrining kesehatan dan senam otak atau olahraga.

“Semoga dalam penyampaian materi pelatihan, baik teori atau praktek, bisa diterapkan para peserta ke sekolah-sekolah yang diwakilinya, orangtua, serta masyarakat,” pungkas Edwin. (nov)

Tidak ada komentar