HEADLINE

Hujan Timbulkan Kerugian Besar


Rumah milik Marjohan warga pekon Banjaragung Kecamatan Yay Krui ini tertimbun pada bagian belakang.
Hujan yang mengguyur wilayah pesisir Kabupaten Lampung Barat (Lambar) sejak beberapa hari terakhir menimbulkan kerugian besar terhadap masyarakat setempat. Seperti yang terjadi di Pekon Banjaragung Kecamatan Waykrui, sebanyak tujuh rumah warga tertimbun longsor, Kamis (8/11). Sebab umumnya pemukiman warga di pekon itu adalah persis di bawah pematang berbukit. Demikian dijelaskan Jurtulis Banjaragung H. Zamlan, ketika dikonfirmasi wartawan koran ini, Jumat (8/11).

Menurutnya rumah warga yang tertimbun longsor masing-masing adalah milik Marjohan, Mukhlis, Tambat, M. Norman, H. Iskandar, Riswandi, dan Wirman Hasan, dimana umumnya dari tujuh rumah tersebut yang tertimbun longsor pada bagian belakang. “Yang paling parah tertimbun longsor adalah rumah milik Marjohan yang bagian belakangnya hancur total dan banyak barang-barang elektronik ikut tertimbun longsor,” terang Zamlan.

Dijelaskan, saat itu hujan yang mengguyur dengan cukup deras disertai angin kencang sehingga membuat tanah yang berada tepat di belakang rumah warga longsor dan menimbun pemukiman warga. Meski demikian musibah tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun ditaksir kerugian mencapai angka ratusan juta rupiah. “Kita sudah melaporkan hal itu ke pemkab melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kini para korban tersebut diungsikan ke rumah sanak saudaranya,” tambah Zamlan.

Rumah warga dipekon Banjaragung Kecamatan Waykrui ini tertimbun longsor,
tampak warga tengah gotong royong membersihkan tanah longsoran
Sementara salah satu pemilik rumah yang tertimbun longsor, Marjohan, menjelaskan saat kejadian anak dan istrinya telah tertidur, sehingga saat longsor menghantam rumah pada bagian belakang membuat dirinya terkejut dan langsung berlarian keluar. “Saat itu kami sudah tidur dan saat longsornya menghantam kami semua terkejut dan langsung lari keluar rumah,” ungkap Marjohan

Dia berharap pemkab memberikan bantuan kepada korban yang rumahnya tertimbun longsor, mengingat pihak pemerintahan pekon telah melaporkan hal itu ke BPBD untuk segera mendapatkan bantuan. “Kami berharap agar kami para korban longsor ini, mendapatkan perhatian dari pemerintah,” tandasnya. (aga)

Tidak ada komentar