HEADLINE

Warga Desak Kelanjutan Beronjong


Satu-satunya cara mengatasi longsor di bibir sungai, serta sebagai antisipasi terjadinya bencana banjir akibat luapan air sungai ke pemukiman warga, adalah dengan pemasangan beronjong. Hal itu diyakini lebih efektif untuk menahan pengikisan di pinggiran sungai serta penahan banjir di sungai Waymayah Pekon Waynukak Kecamatan Karyapenggawa Kabupaten Lampung Barat (Lambar) oleh warga setempat.

Peratin Mat Darmawan, Kamis (4/10), mengatakan warga di pekon itu cukup mengharapkan adanya pemasangan beronjong lanjutan di Waymayah. Karena kondisi sungai tersebut cukup mengkhawatirkan sejumlah warga yang ada di wilayah dekat dengan sungai Waymayah itu.

“Memang sebagian besar sudah ada pemasangan beronjongnya, namun ada yang belum selesai hingga ke muara. Kondisi itu jelas sangat dikhawatirkan warga yang bermukim tidak jauh dari sungai. Karena jika turun hujan deras dan aliran air sungai banjir. Sungai tersebut dapat meluap hingga ke pemukiman warga karena tidak adanya penahan air dalam sungai itu,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan dibangunnya beronjong lanjutan maka keamanan pemukiman warga yang tidak jauh dari Waymayah dapat lebih terjamin, selain itu juga bagian pinggiran sungai tidak lagi terancam habis terkikis air. Darmawan berharap pemkab segera melakukan pemasangan lanjutan beronjong di sungai itu.

“Kami berharap pemkab melalui dinas terkait menjaga kondisi sungai Waymayah ini. Yakni dengan dipasang beronjong lanjutan kembali hingga ke muara. Karena ini sangat diharapkan masyarakat setempat untuk mengantisipasi terjadinya bencana. Terlebih jika musim hujan tiba bisa dipastikan debit dan aliran sungai ini akan meluap hingga pemukiman,” paparnya. (aga)

Tidak ada komentar