HEADLINE

Perumahan Guru di Lambar Tak Terawat


Beberapa perumahan guru SDN di sekitar Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Lampung Barat (Lambar), banyak tidak berpenghuni. Di beberapa pekon di kecamatan tersebut terdapat bangunan yang dipersiapkan sebagai perumahan guru yang kondisinya rusak parah, di antaranya gerumahan guru SDN 1 Tribudisyukur, SDN 2 Tribudisyukur, SDN 1 Sinarluas, SDN 1 Muarajaya 2 dan SDN 2 Purajaya.

Berdasarkan keterangan salah seorang guru di SDN 1 Tribudisyukur yang enggan disebutkan namanya di sela-sela rehat mengajar, Minggu (28/10), perumahan guru yang bagian atapnya sudah rusak dan tidak layak huni itu memang dahulunya tidak seperti yang terlihat pada saat sekarang karena dulu ada penghuninya.

Sejak dikosongkan itulah mulai tidak terawat bahkan sampai rusak parah. Namun, bagian dinding masih cukup kokoh dan kuat.

Bukan hanya di sekolah itu di beberapa sekolah lain di Kebuntebu dan kecamatan lainnya banyak perumahan SD yang tidak berpenghuni. Mengenai perumahan guru di beberapa SD banyak yang rusak dan tidak berpenghuni itu pihak sekolah juga sering mengajukan ke dinas terkait untuk dianggarkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK), namun seringkali tidak mendapat tanggapan.

Sejumah guru berharap permumahan guru di sekolah-sekolah yang tidak terpakai. "Karena rusak bisa diperbaiki. Karena dari pada membangun perumahan baru mendingan memperbaiki gedung yang ada,",jelasnya. (aga)

Tidak ada komentar