HEADLINE

Harga Bunga Cengkih Melambung Tinggi



Kini petani cengkih di wilayah pesisir Kabupaten Lampung Barat (Lambar) memetik bunganya dengan semangat tinggi. Pasalnya, sejak satu bulan terakhir harga bunga rempah tersebut mencapai Rp110 ribu/Kg. Hal itu membuat masyarakat yang memiliki perkebunan cengkih bernafas lega. Seperti yang dirasakan petani cengkih di Pekon Waysindi Kecamatan Karyapenggawa yang kini mulai panen.

Rohman, petani cengkih di pekon, Minggu (21/10), mengatakan kini masyarakat di pekon itu tengah disibukkan kegitana tahunan memetik bunga cengkihnya dengan penuh semangat. “Saya kemaren menjual cengkih sebanyak 10 Kg dengan harga yang kini terbilang mahal. Dengan demikian masyarakat lain yang memiliki perkebunan cengkih dipastikan banyak menjual juga dalam jumlah banyak,” terang Rohman.

Sebelumnya, lanjut Rohman, harga cengkih hanya berkisar Rp70 ribu-Rp75 ribu/Kg dan banyak petani yang sengaja menyimpannya untuk kemudian dijual ketika harga tinggi seperti sekarang ini. “Sebagian besar area perkebunan masyarakat di pesisir ini ditanami tanaman rempah karena dianggap cukup menjanjikan dan terbukti banyak masyarakat yang sukses karena berbisnis rempah-rempah tersebut,” tandasnya. (aga)

Tidak ada komentar