HEADLINE

Disnakkeswan Lambar Tak Miliki Data


Ketersediaan hewan korban untuk persiapan Hari Raya Idul Adha 1433 H di Kabupaten Lampung Barat (Lambar), ternyata tidak menjadi item yang dianggap penting bagi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) setempat. Buktinya, hingga H-4 Senin (22/10), tak satupun data yang bisa disampaikan, baik berupa kesiapan maupun kesehatan hewan korban tersebut.

Bukti lain dinas itu tidak siap dan tak menganggap penting masalah hewan korban ini, Kadis Drs. Samsi Mursalin, mengaku tidak memiliki data cukup terkait hal tersebut. Dia hanya memperkirakan dan mencoba mereka-reka saja. Sehingga ketika ditanya kesiapan petugas menyeleksi kesehatan calon hewan korban, baik jumlah maupun daerah persebarannya, praktis dia tak bisa memberikan keterangan apa-apa.

"Saya rasa persiapan hewan korban di Lambar sudah cukup, tetapi saya belum tahu pasti jumlah keseluruhannya," kelitnya dia saat dikonfirmasi Senin (22/10), seraya menambahkan belum memiliki data keseluruhan hewan korban di Lambar.

Mempertegas argumentasinya, Samsi mengaku tengah melakukan pendataan untuk memastikan berapa jumlah sekalian melakukan penelitian terhadap hewan korban. Penelitian tersebut merupakan langkah untuk mengantisipasi adanya penyakit pada hewan kurban. "Saya belum dapat data keseluruhannya tetapi saya rasa kebutuhan hewan korban di Lambar cukup," pungkasnya. (aga)

Tidak ada komentar