HEADLINE

BKBPP Gelar Bakti Sosial Akseptor


Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Lampung Barat (Lambar), mengadakan Bakti Sosial Pelayanan Keluarga Berencana (KB) untuk akseptor pria khususnya Modus Operasi Pria (MOP/Vasektomi) di Rumah Sakit Umum Daerah Liwa (RSUD), Jumat (5/10).

Ada 30 orang yang telah dilayani menjadi akseptor MOP dalam kegiatan tersebut. Ini sekaligus prestasi yang membanggakan karena jika dilihat hasil capaian tahun 2011 daerah tersebut hanya memeroleh dua akseptor MOP. "Mudah-mudahan dengan sisa waktu sampai akhir tahun ini akseptor MOP akan bertambah dan target capaian 50 akseptor akan tercapai. Adapun petugas/tenaga medis yang melayani pelayanan MOP ini kita datangkan berasal dari Kantor Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Provinsi Lampung bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Muluk." Demikian dikatakan Sekretaris BKBPP Drs. Sandarsyah mendampingi Kepala BKBPP Darul Choteni, SH, MM.

Lanjut Sandarsyah, banyak orang beranggapan bahwa kepesertaan ber-KB merupakan kewajiban dan tanggung jawab kaum ibu atau kaum perempuan. Padahal dalam mengelola rumah tangga, bukan hanya tanggung jawab kaum ibu saja tapi kaum bapak juga hendaknya bertanggung jawab. Begitu juga dalam hal ber-KB. Dengan demikian peningkatan partisipasi pria dalam KB dan kesehatan reproduksi adalah langkah yang tepat mendorong kesetaraan jender. "Dan jika kita lihat dari beberapa penelitian bahwa salah satu penyebab rendahnya pengetahuan pria dalam KB dan Kesehatan Reproduksi  disebabkan kurangnya akses informasi tentang alat KB dan rendahnya pengetahuan pria tentang KB," pungkasnya. (aga)

Tidak ada komentar