HEADLINE

DPRD Soroti Pembangunan Pelabuhan Batubara


Bandarlampung, WL - Komisi II DPRD Lampung, turut menyoroti pembangunan pelabuhan batubara di Sebalang Lampung Selatan harus didukung juga dengan persiapan yang matang jangan sampai merugikan di sekeliling tempat pelabuhan yang bernilai investasi hingga Rp8,2 triliun.

Anggota komisi II,  Dony Irawan mengatakan akan berdampak positif jika pelabuhan tersebut dibangun sebab akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah(PAD) yang bermanfaat bagi pembangunan dan sebagai mata pencaharian pekerjaan bagi masyarakat Lampung.

"Kalau dari segi PAD kita mendukung dan pelabuhan tersebut sebagai lahan mata pencaharian masyarakat Lampung, jadi tenaga kerja disana terangkat, yang jelas mengurangi pengangguran," kata Dony, Minggu(2/9).
Tetapi Dony melanjutkan,  ada catatan besar kalau sampai pelabuhan tersebut dibangun yaitu harus ada  persyaratan dari berbagai aspek yaitu aspek lingkungan dan sebagainya.

Seperti analisis dampak lingkungannya kalau pelabuhan tersebut diletakan di tepi pantai harus melihat lagi tentang keadaan sekitar seperti nelayan, dan dampak pencemaran lingkungannya.
"Jangan sampai akibat pencemaran polusi, nelayan disana akan dirugikan  hal itu yang seharusnya jadi perhatian," ungkapnya.
Selain itu kata politisi dari partai PAN itu, dampak lingkungannya harus komperensif artinya bisa dilihat dari semua bidang.

"Pada dasarnya kami mendukung tetapi jangan mengabaikan segala hal yang berdampak negatif bagi daerah pelabuhan kalau soal dampak perhotelan, jauh dari pelabuhan tersebut jadi tidak berdampak yang merugikan," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Pembangunan pelabuhan khusus batubara tersebut rencananya akan dimulai dengan studi kelayakan terlebih dahulu selama enam bulan. Kemudian dilanjutkan dengan pembangunan kontruksi yang direncanakan selama 2,5 tahun. (len)

Tidak ada komentar