HEADLINE

Sosialisasi Darwis Berlangsung Lancar

Pesisir Selatan, WL-Sosialisasi Sadar Wisata (Darwis) dan Sapta Pesona yang dilangsungkan di aula Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Lampung Barat (Lambar), Selasa (27/3), berlangsung lancar dengan dihadiri peratin, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, dan warga setempat.
Sosialisasi yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan H. Ujang Misron, S.H., M.P., Koordinator Program Nasional Pembangunan Masyarakat-Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) Ali Rukman, S.Sos., Ketua Ruang Belajar Masyarakat (RBM) Lambar Abdul Rosid, S.Ag., Sekretaris RBM Lambar Duta Suanda.Duta kepada Warta Lambar, Selasa (27/3), mengatakan penjelasan sosialisasi tersebut lebih diutamakan terhadap kesadaran masyarakat terhadap daya tarik wisata yang menetap diwilayah pesisir dan tata cara pengembangan wisata seperti halnya pembangunan infrastruktur yang didanai dari PNPM-MP.
Menurut Duta salah satu contoh pembangunan infrastruktur dalam upaya pengembangan wisata yaitu pembangunan jalan lingkungan atau pemangku sehingga akses jalan menuju wisata lebih mudah untuk dijangkau yang akhirnya dapat menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat karena kawasan wisata yang dibangun secara perlahan dikenal wisatawan mancanegara (Wisman).
Duta juga menjelaskan bahwa peran masyarakat dalam pengembangan wisata terbilang cukup besar, mengingat tanpa campur tangan masyarakat dimasing-masing lokasi wisata upaya untuk mengembangkan wisata cukup sulit untuk tercapai terlebih kini para wisman yang datang ke wilayah pesisir terus meningkat. Masih kata Duta daya tarik wisata diwilayah pesisir utamanya dibagian pantai telah mendunia dengan demikian pihaknya berharap agar dengan digelarnya sosialisasi tersebut masyarakat menjadi tergerak untuk terus melakukan peningkatan wisata dikecamatan itu. “Wisata dikecamatan ini telah dikenal hingga kenegara
asing dengan demikian mari kita upayakan melakukan peningkatan wisata kita,” ungkap Duta. (nov)

Tidak ada komentar