HEADLINE

Tanaman Padi Busuk Batang

Sukau, WL-Sebagian tanaman padi di Pekon Buaynyerupa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat (Lambar), terancam gagal panen disebabkan penyakit busuk batang dan penyakit kuning. Timbulnya penyakit tersebut, hingga saat ini belum jelas penyebabnya.

Hal tersebut dijelaskan salah seorang petani Zammir, kepada Warta Lambar, Rabu (29/2). Menurutnya, petani di pekon tersebut  saat ini mulai resah dengan adanya penyakit teresebut. Sehingga, banyak petani yang enggan merawat kembali tanaman padi yang telah terkena penyakit terssebut. Pasalnya, para petani telah melakuka berbagai cara untuk mengatasi penyakit tersebut namun tidak membuatkan hasil. “Percumah kita lakukan penyemprotan dan pemupukan jika penyakit ituseakan kebal dengan pupuk dan pestisida,” tambahnya.

Terpisah salah seorang Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Dedi S, mengatakan pihaknya akan berusaha mempelajari penyebab timbulnya penyakit tersebut, dan berusaha mencarikan solusi pencegahan penyakittersebut. “Kami akan coba mempelajari penyebab penyakit itu,” pungkasnya. (san)

Tidak ada komentar