HEADLINE

Suoh Potensial Tanaman Kakao

Suoh, WL-Tanaman kakao yang lebih dikenal masyarakat dengan nama coklat, bisa tumbuh subur dimanapun termasuk di wilayah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) dengan tingkat kesuburan tanah yang tinggi. Namun banyaknya hama pengganggu, seperti tupai, membuat produksi tanaman tersebut tidak mencapai kepuasan.

Berbeda dengan wilayah Kecamatan Suoh dan Bandarnegeri Suoh, selain tanaman kakao tumbuh subur juga hama penggangu tergolong tidak ada serta keseriusan pperawatan yang dilakukan petani membuat hasil produksi tanaan tersebut cukup tinggi dan menjadi penghasilan terbesar petani kakao.

Pekon Roworejo salah satu daerah di Kecamatan Suoh, terdapat puluhan hectare tanaman kakao yang telah menghasilkan, bahkan tidak sedikit petani kakao yang sukses dan kehidupannya terjamin dari hasil tanamannya. “Selain terdapat petani kopi, padi, lada juga  terdapat petani kakao yang tak kalah berhasil,itu karena keseriusan petani dalam merawat dan menjaga tanaman mereka,” ujar Toni, petani kakao setempat, kepada Warta Lambar, Rabu (7/3).

Pengaruh cuaca pada setiap tanaman cukup tinggi, jika didaerah lain seperti Kecamatan Balikbukit, Belalau hingga Kecamatan Sumberjaya cukup dingin, dan itu menghambat pertumbuhan pada buah, dan biasanya penyakit tanaman tersebut busuk. (nop)

Tidak ada komentar