HEADLINE

Puskesmas Sekincau Bentuk Posyandu Lansia
Sekincau, WL-Puskesmas Sekincau Kabupaten Lampung Barat (Lambar), menjadualkan akan membentuk sekaligus melantik kader-kader posyandu Lanjut Usia (Lansia) di pekon-pekon dari dua Kecamatan Sekincau-Pagarewa. Jika beberapa waktu lalu puskesmas setempat telah membentuk dan melantik Posyandu Lansia di Pekon Pahayujaya Kecamatan Pagardewa, kembali dijadualkan akan menggelar pembentukan dan pelantikan di Pekon Waspada, Kamis (9/3).
Dijelaskan kepala peskesmas setempat, H.M. Aminuddin, SKM., kepada Warta Lambar, Senin (5/3), tujuan dibentuknya Posyandu Lansia antara  lain, wahana untuk mendeteksi masyarakat khususnya yang telah berusia lanjut.  Dibentuknya Posyandu Lansia juga untuk membantu mengatasi keluhan kesehatan serta memberikan perhatian khusus bagi para lansia.
Posyandu Lansia, dalam pelaksanaannya tidak  tidak ada penimbangan seperti pelaksanaan posyandu bagi anak Bawah Lima Tahun (Balita), hanya saja dalam pelaksanaan banyak kesamaan seperti pengelolaan oleh kader serta mempunyai jadual khusus untuk pelaksanaannya.
Lanjut dia, program tersebut adalah program Dinas Kesehatan (Dinkes), agar kesehatan para Lansia lebih terdeteksi, dalam Posyandu Lansia petugas akan menanyakan keluhan kesehatan para Lansia, serta memberikan pengawasan dan memberikan pengobatan. “Saya berharap setelah semua Posyandu Lansia terbentuk posyandu  tersebut dimanfaatkan oleh para Lansia, agar kesehatan lebih terjaga,” jelasnya.
Masih kata dia, karena program tersebut adalah program Dinkes pihaknya akan terus melaksanakan sebaik mungkin, hingga mensosialisasikan program tersebut ke pedalaman dan menyeluruh, hingga pada saatnya program tersebut dirasakan masyarakat khususnya para Lansia. (nop)

Tidak ada komentar