HEADLINE

Pemeliharaan Jalur Terkendala Izin

Balikbukit, WL-Pemeliharaan jalur di wilayah PLN Ranting Liwa Lampung Barat (Lambar), hingga saat ini mengalami kendala, terutama pada jalur yang melewati Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).
Hal tersebut dijelaskan petugas PLN Indra, kepada Warta Lambar, Selasa (20/3).
Menurutnya, banyaknya pohon-pohon besar ditambah dengan tebing dan jurang-jurang yang terjal di sepenjang jalur Liwa-Krui merupakan penyebab seringnya terjadi gangguan terhadap arus listrik disepanjang jalur itu. Selain itu, daerah tersebut merupakan hutan kawasan.
Jadi pihaknya kesulitan untuk melakukan pencegahan terhadap lokasi-lokasi tertentu, yang yang rawan longsor dan pohon tumbang. Karena mereka tidak diperbolehkan untuk melakukan penebangan atau melakukan aktivitas dengan melakukan pemotongan kayu-kayu yang memang dimungkinkan akan menghambat arus listrik di jalur tersebut.
Pihaknya terkadang kewalahan untuk melakukan pemeliharaan di jalur tersebut. Sebab bila mereka melakukan pemotongan tanpa seizin dari pihak kehutanan mereka akan mendapat sanksi berupa denda.
"Pohon yang sudah jelas-jelas sudah hampir tumbangpun tidak bisa kita tebang karena itu menyalahi aturan TNBBS. Jadi kita serbasalah. Kita biarkan itu akan menggangu arus listrik karena bisa dipastikan pohon itu akan menimpa kabel dan tiang yang berada di sekitar pohan itu, dan bila kita potong kita akan didenda," tutupnya. (san)

Tidak ada komentar