HEADLINE

Partai Gurem Pastikan Bangun Koalisi

Balikbukit, WL-Setidaknya delapan parpol yang didominasi partai gurem (partai yang tidak memiliki kursi di legislatif) bertekad membangun koalisi untuk mengusung balon sendiri pada pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) yang dijadualkan digelar 27 September mendatang.

kedelapan partai dimaksud, masing-masing Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB), Partai Nasional Indonesia Marhaenisme (PNIM), Partai Hanura, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Karya Perjuangan atau Pakar Pangan, PPD, PPRN, dan PPPI.

Menurut, ketua koalisi yang juga Ketua DPC PKPB, Jumakun, S.H., Rabu (15/2), delapan parpol tersebut telah melangsungkan rapat pembentukan koalisi. Persyaratan delapan parpol tersebut membangun koalisi telah terpenuhi, termasuk masih terdaftar di Kantor Kesbangpol dan jumlah suara minimal agar dapat mengusung pasangan balon.

Dikatakan, perolehan suara kedelapan parpol dipastikan melebihi persyaratan minimal mengusung pasangan balon atau setara dengan enam kursi di legislatif, 33.587 suara. Sementara jumlah yang dibutuhkan dalam peraturan 31.000 suara. “Jumalah 33.587 suara itu mengacu pada pemilihan legislatif tahun 2009 lalu,” terang Jumakun.

Koalisi ini dinamai Koalisi Lambar Bersatu Bersama Membangun itu, bakal menandatangani surat kesepakatan bersama ihwal koalisi dimaksud bertempat di Sekretariat DPC PKPB seputaran kompleks pemkab hari ini, Kamis (16/2).
Lebih jauh dikatakan, setelah menandatangani surat kesepakan koalisi itu, kedelapan parpol bakal membentuk panitia dan menyusun tahapan-tahapan pemilukada.

Sementara untuk pasangan balon yang bakal diusung, Jumakun mengatakan belum melangkah sejauh itu. “Untuk pasangan balon yang bakal diusung tergantung kesepakatan delapan partai. Apakah koalisi mengusung atau mendukung berdasarkan hasil kesepakatan koalisi nanti,” pungkasnya. (esa)

Tidak ada komentar