HEADLINE

Warga Canggu Ngumbai Pekon

Batubrak, WL - Warga Pekon Canggu Kecamatan Batubrak Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menggelar ngumbai kebun kopi, sawah, dan pekon, dipusatkan di Masjid Al Zaurah pekon setempat. Acara tersebut tidak hanya diikuti warga di pekon itu, tapi juga warga Pekon Balak. Tokoh masyarakat setempat, Ali Yurja, kepada Warta Lambar, Senin (31/10), mengatakan ngumbai dilakukan dua tahun sekali. Acara yang digelar tersebut yang menghabiskan dana tidak kurang Rp2 juta yang bersumber dari swadaya warga.

Sedangkan bagi warga yang datang saat acara sedang digelar, pihaknya menyambut dengan baik karena acara tersebut tidak tertutup. Masih kata dia, acara telah dilakukan turun menurun, namun lokasinya tidak tetap. Selama ini lokasi digelarnya ngumbai diputuskan warga yang mengikuti. Saat disinggung tujuan ngumbai kebun tersebut, dirinya menuturkan, acara yang telah dilakukan memiliki tujuan positif bertujuan agar tanaman yang sedang berbuah tidak terganggu oleh hama penyakit. Begitu juga dengan pekon diharapkan dijauhkan dari marabahaya dan dijauhkan dari penyakit yang menular. “Juga hasil panen kopi di tahun yang akan datang mendapatkan hasil yang memuaskan dan diridhoi Allah,” terangnya.

Terpisah, Peratin Umar Dani menambahkan ngumbai yang digelar warganya tersebut dari perangkat pekon tidak melarangnya. Namun diharapkan tidak sampai menyimpang dari akidah agama Islam yang selama ini dianut. Karena selama ini di berbagai daerah berbagai kegiatan cenderung memiliki tujuan yang menyimpang. “Jika memeng ditemukan unsur penyimpangan dari akidah Islam perangkat pekon tidak segan-segan menegurnya,” pungkasnya. (rom)

Selasa, 01 Nopember 2011

Tidak ada komentar