HEADLINE

Suoh Potensial Kelapa Dalam dan Salak

Suoh, WL - Tanaman kelapa dalam dan salak pondoh kian banyak ditemui di Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat (Lambar). Di Pekon Sukamarga dua komoditas tersebut mulai diunggulkan dan dipasarkan hingga luar Lambar, seperti Tanggamus dan Lampung Selatan.

Hal tersebut dijelaskan Camat Alzaziri Sabki, S.E., M.M., kepada Warta Lambar, Selasa (4/10). Menurutnya warga setempat menanam kelapa dalam dan salak pondoh sejak lama dan saat ini kelapa dalam umumnya diolah menjadi kopra dan dijual hingga keluar daerah. Selain itu untuk salak pondoh menjadi
komoditas yang cukup diandalakan petani sebab selain kwalitas salak pondoh dari kecamatan tersebut bisa diandalkan karena rasa yang manis dan renyah bisa diterima oleh masyarakat stempat maupun saat dijual keluar daerah. “Meskipun demikian harga dua komoditas tersebut saat dijual diluar daerah tidak sebanding dengan ongkos kirim,” ucap Alzaziri

Masih kata dia, sejauh ini tanaman kelapa dalam hanya ditanam dipinggiran sawah dan lahan-lahan kosong namun saat ini petani setempat mulai serius menanam jenis tanaman tersebut hingga sengaja membuka lahan untuk dijadikan lahan perkebunan kelapa  dalam. Lanjut nya, selain dua komoditas tersebut ada beberapa komoditas lainnya yang diunggulkan masyarakat setempat, seperti kopi, dan padi yang menjadi lumbung beras terbesar di Lambar.

“Namun masyarakat di lambar tidak bisa merasakanhasil bumi dan kemakmuran Kecamatan Suoh sebab akses jalan menuju kecamatan lainnya cukup sulit sehingga masyarakat suoh menjual hasil bumi ke kabupaten lain dengan alasan selain akses jalan  yang cukup mudah untuk dilalui kendaraan harga saat penjualan beberapa  hasil bumi tersebut tergolomng lebih mahal dari pada di jual di Kecamatan Sekincau atau di  batubrak,” tutupnya. (nop)

Rabu, 05 Oktober 2011

Tidak ada komentar