HEADLINE

Nelayan Lambar Dapat Bantuan Kapal 30 GT

Bandarlampung, WL - Tiga kelompok nelayan di Bandarlampung, Lampung Selatan, dan Lampung Barat mendapat bantuan tiga unit kapal berkekuatan 30 Gross Ton (GT) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Dengan bantuan tersebut diharapkan hasil tangkapan nelayan di Provinsi Lampung meningkat. "Pemberian kapal nelayan berkekuatan 30 GT ini dimaksudkan untuk meningkatkan hasil pada sektor perikanan tangkap," ungkap Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dedy H. Sutisna, di sela-sela pemberian bantuan kapal nelayan, di Lempasing belum lama ini.

Menurut Dedi, nelayan di tiga daerah yang mendapat bantuan kapal tersebut hanya dapat melaut di bawah 12 mil. Ini karena kapal angkut yang digunakan nelayan ukurannya kurang dari 30 GT, karena itu hal tersebut perlu mendapat perhatian khusus. Dedy melanjutkan, dengan bantuan kapal berkekuatan 30 GT itu pemerintah berharap mampu menunjang peningkatan produksi laut khususnya perikanan tangkap serta target produksi perikanan khususnya di Provinsi Lampung semakin meningkat. "Pengadaan ketiga kapal ini dibiayai oleh Pemerintah Pusat melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan sepenuhnya untuk kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan," ujar Dedy.

Bila ketiga kapal bantuan tersebut dimanfaatkan secara maksimal, maka tidak ada lagi istilah paceklik hasil tangkapan ikan di laut. Karena itu para nelayan penerima diminta memanfaatkan bantuan Pemerintah Pusat tersebut secara maksimal. Sementara itu, Gubernur Lampung Sjahcroedin Z.P., mengatakan bantuan itu merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memajukan atau meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya nelayan di pesisir Lampung. "Pemerintah akan terus mendukung upaya peningkatan produksi baik di sektor pertanian atau pun sektor perikanan dan kelautan," ujar Sjahcroedin.

Gubernur berharap pemberian bantuan itu menunjang peningkatan kesejahteraan nelayan karena bisa melaut hingga lebih dari 12 mil. Selain itu, Sjahcroedin ZP juga berjanji Pemprov Lampung akan lebih mengintensifikan pengembangan sektor kelautan. "Tahun depan pemerintah provinsi akan terus mengintensifikasikan pengembangan sektor kelautan perikanan guna menunjang peningkatan produksi perikanan tangkap," ujar Gubernur Lampung. Gubernur Lampung juga memberikan bantuan berupa perlengkapan pendidikan, dan khitanan massal kepada 30 anak nelayan. (len)

Senin, 24 Oktober 2011

Tidak ada komentar