HEADLINE

Calhaj Lampung 6.334 Orang

Bandarlampung, WL - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Lampung memastikan jumlah terakhir calon jamaah haji (calhaj) asal Lampung yang akan berangkat ke Arab Saudi sebanyak 6.334 orang. “Jumlah itu sudah termasuk penambahan kuota, karena kuota tidak terpenuhi sampai akhir pembayaran biaya pelunasan ibadah haji (BPIH),” jelas Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung Abdurrahman saat dikonfirmasi, Senin (26/9).

Namun, kata dia, jumlah tersebut belum termasuk petugassebanyak 70 orang. Abdurrahman menuturkan calhajLampung akan mulai memasuki Asrama Haji satu hari sebelum jadwal pemberangkatan. “Calhaj akan mendapatkan pemeriksaan terakhir di Asrama Haji,” terangnya.

Pihaknya akan memeriksa kesehatan para calhaj, memberikan paspor serta living cost. Calhaj dijadwalkan sudah memasuki Asrama Haji pukul 13.00.

Sedangkan untuk pemondokan calhaj asal Lampung di Madinah, menurut Abdurrahaman, berada dalam radius 500 meter. "Masih dalam lingkungan Masjid Nabawi, jadi letaknya tidak terlalu jauh," tukas Abdurrahman.

Sedangkan untuk pemodokan di Mekkah, lanjut dia, pemondokan calon jemaah haji Indonesia berada pada jarak sekitar 1000 hingga 2500 meter. “Sekitar 93 persen calhaj Lampung mendapatkan pemondokan dengan jarak antara 1000 hingga 2000 meter dari Mekkah,” paparnya. Sedangkan sisanya sekitar tujuh persen, akan mendapatkan pemondokan antara 2000 hingga 2500 meter.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Lampung akan menyiapkan sepuluh unit bus untuk mengangkut calhaj dari Asrama Haji menuju Bandara Radin Inten II (Branti). Hal itu diungkapkan Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Relliyani. “Seluruh bus tersebut akan mengangkut satu kelompok terbang (kloter) sesuai jadwal penerbangan,” jelas mantan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung ini. Berdasarkan jadwal, calhaj akan meninggalkan Asrama Haji satu setengah jam sebelum keberangkatan menuju Jakarta. (lan)

Selasa, 27 September 2011

Tidak ada komentar