HEADLINE

BP3K Dambakan Perajang Jerami

Pesisir Tengah, WL - Badan Penyuluhan Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Lampung Barat (Lambar), berharap Dinas Pertanian (Distan) setempat  memberikan bantuan berupa alat perajang jerami. Itu dimaksudkan agar jerami dapat diolah menjadi pupuk alami saat tanah akan ditanam.

Kepala BP3K, Iskandar Manan, S.P., kepada Warta Lambar, Rabu (5/10), mengatakan pihaknya berharap Distan dapat memberikan bantuan alat perajang jerami agar jerami lebih  bermanfaat untuk meningkatka produktivitas pertanian. Mengingat kebiasaan petani sawah di wilayah pesisir, utamanya Pesisir Tengah jerami langsung dibakar. Hal tersebut dapat merusak kultur tanah.

Iskandar juga menghimbau seluruh petani sawah di wilayah pesisir agar jerami yang telah terbuang tidak dibakar. Lebih jauh dikatakakan jerami yang telah diolah menggunakan alat tersebut mampu meningkatkan produksi padi, dan penggunanya terbilang masih langka. “Setahu saya alat tersebut cukup jarang ditemui di pesisir,” pungas Iskandar. (nov)

Kamis, 06 Oktober 2011
*)

Tidak ada komentar