HEADLINE

Menurun, Arus Balik pada H+5

Selasa, 06 September 2011

Bandarlampung, WL - Hingga lima hari seusai Lebaran (H+5), sebanyak 71.352 unit kendaraan berbagai jenis telah menyeberang ke Pulau Jawa dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Sedangkan pemudik tanpa kendaraan ke Jawa sebanyak 334.885 orang. Demikian data yang diperoleh dari PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Bakauheni Lampung, Senin (5/9). "Pada H+5 terjadi penurunan jumlah kendaraan dan penumpang ke Merak (Banten)," kata Kepala Cabang PT. ASDP Bakauheni, Yanes Lentenga.

Menurut dia, pada H+5 tidak ada lonjakan arus balik di Bakauheni yang ingin menyeberang ke Merak. Lonjakan yang cukup signifikan terjadi pada H+3 dan H+4 bersamaan berkahirnya libur pegawai. Kondisi lapangan dermaga Pelabuhan Bakauheni, kendaraan pribadi sudah tampak lengang pada siang dan petang
hari. Sedangkan kendaraan truk nonsembako mulai memadati lapangan dermaga. Sementara pemudik berkendaraan roda dua tidak terlalu banyak lagi.

Loket pembelian karcis kapal feri tampak lengang meski pemudik tanpa kendaraan ini terus mengalir dari Terminal Rajabasa, Bandar Lampung. "Lonjakan pemudik pejalan kaki tidak menentu datang dari Terminal Rajabasa," ujar Yanes.

PT. ASDP masih membuka lima loket elektronik untuk mengurangi antrean tersebut, sementara loket kapal cepat masih tutup. Petugas tidak memfungsikan palang pintu loket elektronik "barrier" karena akan memperlambat layanan.  (len)

Tidak ada komentar