HEADLINE

Lakalantas Lebaran Tahun Ini Berkurang

Selasa, 06 September 2011

Bandarlampung, WL

Kecelakaan lalulintas (lakalantas) pada musim mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 2011 berkurang dibandingkan tahun 2010. “Kabid Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih, mengatakan tahun 2010 jumlah korban meninggal dunia akibat lakalantas mencapai 39 orang, luka berat mencapai 62 orang dan luka
ringan 68 orang dengan kerugian materil sebesar Rp6,03 miliar.

Sedangkan tahun ini, korban meninggal dunia hanya 29 orang, luka berat 39 orang dan luka ringan 56 orang, dengan kerugian materil sebesar Rp463 juta. "Data ini dihimpun sampai 3 September 2011. Ini jelas menurun dari tahun sebelumnya," kata Sulis.

Lakalantas yang terjadi, menurutnya, didominasi oleh kendaraan roda dua akibat saling menyalib di perjalanan. Selain itu, lanjutnya, penyebab utama dari lakalantas adalah keadaan mengantuk para pengendara roda dua di perjalanan. "Lakalantas rata-rata disebabkan oleh kantuk, tidak mengutamakan keselamatan, keinginan cepat sampai tanpa memikirkan keselamatan, ungkapnya.

Meski telah di himbau sebelumnya, namun tetap saja terjadi kecelakaan, meski demikian jumlahnya jauh menurun dari tahun 2010 lalu. (len)

Tidak ada komentar