HEADLINE

Jalur Wayngison-Atarbawang Rusak Parah

Warga Pekon Atarbawang  Batuketulis mengeluh atas kondisi  jalan yang masih berupa pecahan batu underlag

Selasa, 13 September 2011

Batuketulis, WL -  Jalur penghubung Pekon Wayngison-Atarbawang Kecamatan Batuketulis Kabupaten Lampung Barat (Lambar) rusak parah hingga dikhawatirkan memakan korban jiwa. Itu mengingat, di sisi kiri dan kanan jalan berupa tebing yang cukup curam belum lagi kondisi jalan berlubang akibat terkelupasnya  aspal pada bagian badan jalan. Tak pelak, para pengendara harus berhati-hati, tak jarang kendaraan yang melintas harus menurunkan penumpang karena kerusakan yang menghentikan laju kendaraannya.

Hal tersebut dijelaskan Peratin Wayngison Sastrawan kepada Warta Lambar,Senin (11/9). Menurutnya  kerusakan badan jalan sudah berlangsung setahun namun hingga kini belum diperbaiki. Sekadar diketahui, jalur tersebut menghubungkan sedikitnya tiga pekon yang ada di pedalaman Kecamatan Batuketulis itu, antara lain Sumberrejo-Atarbawang. Namun, sejak ambrolnya jembatan di Pemangku Sidodadi Pekon Waspada tidak ada jalur alternatif lain dan harus melintasi jalur itu. “Jalur tersebut dilalui oleh masyarakat dari tiga pekon,” ucapnya.

Ditambahkanya, pihaknya belum pernah mengajukan permohonan agar jalur tersebut diperbaiki. Meski begitu, dirinya tetap berharap agar ada pembangunan yang diarahkan untuk memperbaiki jalan tersebut. Sebab penderiataan masyarakat setempat sudah berlangsung satu tahun dan tidak menutup kemungkinan jika kerusakan tersebut dibiarkan akan memakan korban jiwa. Terlebih kerusakan ada pada tanjakan terjal  mencapai 90%.

Masih kata dia, saat ini belum ditemukan solusi untuk memperbaikinya. Karena jalan berupa aspal yang telah mengelupas hingga memunculkan batu-batu besar pada saat penegerasan jalan (onderlag). “Tidak ada solusi lain kecuali membiarkan sembari menunggu ada perbaikan dari pemkab,” tutupnya. (nop)

Tidak ada komentar