HEADLINE

10 Pekon Siap Meriahkan Pameran

LAPAK : Sejumlah pedagang tengah mempersiapkan lokasi masing-masing berkenaan dengan bakal digelarnya pameran pembangunan pada 24 September hingga 3 Oktober mendatang di Kawasan Sekuting Terpadu Islamic Center Pekon Sekuting Balikbukit Lambar. (Foto : NOPRI)

Kamis, 22 September 2011

Batuketulis, WL - Setidaknya 10 pekon di Kecamatan Batuketulis Kabupaten Lampung Barat (Lambar) telah mempersiapkan diri untuk ikut memeriahkan pameran pembangunan yang akan digelar di Kawasan Sekuting Terpadu Islamic Center (IC), Sabtu-Senin (24/9-3/10) mendatang. Dari hasil rapat koordinasi (rakor) Uspika setempat plus seluruh peratin berhasil mengumpulkan beberapa item yang dianggap cukup layak untuk ditampilkan menjadi komoditas unggulan.

Hal tersebut dijelaskan Camat Haiza Rinza, S.H., kepada Warta Lambar,  Rabu (21/9). Menurutnya Pekon Atarkuwau mempunyai sumberdaya daya alam (SDA) yang belum terjamah dan masih dibiarkan oleh masyarakat setempat, yakni batu kaca yang cukup potensial jika dikembangkan. Sebab di Atarkuwau terdapat gunung  batukaca yang sangat menjanjikan.

Lanjutnya untuk Bakhu mempunyai hutan adat yang cukup menjanjikan karena terdapat rotan dengan jenis beragam lebih dari tujuh jenis rotan yang bisa dimanfaatkan untuk pembuatan meubel dan kerajinan tangan lainnya. “Hanya saja yang dikeluhkan masyarakat setempat adalah adalah perambah yang mulai memusnahkan beberapa jenis rotan dimaksud,” ucapnya.

Masih kata Haiza, untuk kerajinan lain yang ditampilkan berupa kerajinan golok (parang) dari Pekon Batukebayan, kerajinan tampah dari Wayngison, kerajinan anyaman dari Pekon Luas, dan kurungan ayam dari Campangtiga.

Lanjut Haiza, selain beberapa item tersebut, Sumberrejo menampilkan musang (luwak) sebagai satu-satunya penghasil komoditas kopi luwak. “Dan untuk industri rumahan seperti kopi bubuk dari Argomulyo, kerupuk dari Kubulikujaya, dan gula aren dari Atarbawang,” tambahnya.

Kecamatan tersebut bekerja sama dengan Belalau dan Batubrak. Namun dirinya belum mengetahui komoditas apa yang akan ditampilkan dalam pameran tersebut. Pihaknya berterimakasih atas partisipasi seluruh pekon di kecamatan tersebut. “Tanpa adanya kerjasama yang baik mungkin tidak ada yang bisa
ditampilkan dari Batuketulis,” tutupya. (nop)

Tidak ada komentar