HEADLINE

Ikan Langka, Permintaan Konsumen Meningkat

Pesisir Tengah, WL - 02 Agustus 2011

Begitulah yang terjadi di Pasar Pagi Kelurahan Pasar Kota Krui Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Lampung Barat (Lambar). Di saat awal bulan suci romadlon 1432 tahun ini permintaan konsumen terhadap ikan laut meningkat. Namun sayangnya permintaan tersebut tidak dapat terpenuhi karena cuaca yang kurang baik membuat ikan di pasar tersebut tergolong langka.

Ketua Persatuan Pedagang Ikan dan Daging (PAPID), Lazuardi saat ditemui di rumahnya, Selasa, (2/8), mengatakan permintaan ikan di pasaran awal romadlon meningkat. Namun cuaca yang kurang baik membuat hasil tangkapan nelayan menurun drastis. “Angin tenggara yang lebih hebat dari angin barat, membuat nelayan kesulitan mendapatkan ikan seperti biasanya,” ujar Lazuardi.

Masih kata dia, harga ikan di pasaran jenis tongkol sebelum memasuki bulan romadlon berkisar Rp7.000/kg menjadi Rp12.000/kg. Diperkirakan harga akan terus meningkat mendekati hari raya.

Pihaknya berharap cuaca yang kurang bersahabat tersebut dapat segera berakhir. Dengan demikian nelayan dapat memenuhi permintaan pembeli yang semakin hari terus meningkat. “Permintaan dapat kita penuhi apabila angin tenggara sudah berhenti, karena angin tersebut lebih berbahaya dibanding angin barat,” pungkas Lazuardi. (nov)

Tidak ada komentar