HEADLINE

Harga Sembako Menjadi-Jadi

Batubrak, WL - 25 Agustus 2011

Meski Hari Raya Idul Fitri 1432 H tinggal empat hari lagi, namun harga sembako yang dijual para pedagang di Pasar Kotabesi Kecamatan Batubrak Kabupeten Lampung Barat (Lambar), semakin menjadijadi. Harga tersebut bervariasi tergantung jenis dan mutu barang. Hal ini diungkapkan salah seorang warga, Masyatun, kepada Warta Lambar, Rabu (24/8).

Menurutnya harga beberapa kebutuhan pokok yang dijual para pedagang berveriasi, dari Rp1.500/Kg, seperti harga cabai kriting di beberapa pedagang dijual Rp20 ribu/Kg-Rp22 ribu/Kg, cabai rawit Rp13 ribu/Kg-Rp15 ribu/Kg, bawang merah Rp14 ribu/Kg, bawang putih Rp12 ribu/Kg, tomat Rp5 ribu/Kg.

Sementara harga ayam potong dijual Rp45 ribu/Kg, ikan mas Rp31 ribu/Kg, dan harga beras dengan kualitas sedang Rp7 ribu/Kg. Masyatun menambahkan harga tersebut diprediksi akan naik kembali setelah dekat lebaran.

Itu mengingat di tahun yang lalu dua hari menjelang hari H harga kebutuhan pokok dijual dengan harga dua kali lipat. Mesti harga kebutuhan melonjak pembeli tetap membeli untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga karena seluruh sanak keluarga sedang berkumpul. “Kami berharap kepada para pedagang jangan sampai menaikkan harga kebutuhan tersebut semaunya saja, karena hal tersebut akan memberatkan para pembeli,” terangnya.

Terpisah, salah satu penjual sayuran, Zainab, menambahkan para pedagang menjual kebutuhan pokok dengan harga bervariasi. Itu karena agen penyedia kebutuhan tersebut berbeda-beda, kalau hanya satu agen penyedia tidak menutup kemungkinan harga jualnya akan sama.

Seluruh penjual mengambil keuntungan dari barang yang dijual rata-rata Rp1 ribu/Kg. “Jadi kami selaku penjul mengharapkan pembeli biasa maklum  dengan harga berpariasi karena agen penyedia barangnya juga berbeda,” pungkasnya. (rom)

Tidak ada komentar