HEADLINE

Harga Kebutuhan Beranjak Naik

Belalau, WL - 15 Agustus 2011

Memasuki minggu ketiga bulan romadlon 1432 H tahun 2011 harga beberapa kebutuhan pokok mulai beranjak naik. Pantauan wartawan koran ini di beberapa pasar teradisional, seperti di Pasar Kenali Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat (Lambar).

Menurut keterangan salah satu pedagang sayuran Sri Hartati, kepada Warta Lambar, Minggu (14/8), kenaikan harga beberapa kebutuhan pokok, seperti bawang putih yang sebelumnya Rp16 ribu/Kg kini naik Rp23 ribu/Kg, bawang merah justru mengalami penurunan sebelumya Rp18/Kg saat ini Rp15/Kg.

Sementara yang menglami kenaikan cukup signifikan, yaitu cabai merah keriting sebelumnya Rp9/Kg saat ini menjadi Rp17/Kg.
Sedangkan harga kebutuhan yang lainnya, seperti ikan yang sebelumnya Rp25/Kg menjadi Rp30/Kg, telur mengalami kenaikan, sebelumnya Rp32/Karpet menjadi Rp35/Karpet.

Masih kata dia, beberapa kebutuhan pokok tersebut saat ini harganya belum mengalami kenaikan harga secara keseluruhan. Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnyaharga kebutuhan akan kenaikan pada H-5.

Pedagang berharap para pembeli tidak merasa para jika para pedagang yang menaikkan harga. Tetapi hal tersbut terjadi dari agen berbagai kebutuhan pokok tersebut yang menaikan harga dimaksud. “Buka saja para pembeli yang mengalami keberatan atas kenaikan kebutuhan, tetapi kami sebagai pedagang juga ikut merasakan,” terangnya.

Terpisah salah satu pembeli, Erdayanti berharap kenaikan harga kebutuhan pokok sesuai dengan kualitas barang. Karena berbagai barang yang dijual saat ini tergolong berkualitas kurang baik. “Jadi diharapkan kenaikan harga disesuaikan dengan kualitas barang,” pungkasnya. (rom)

Tidak ada komentar